Home » , » Download Kumpulan Bacaan Dzikir Petang Hari Sesuai Sunnah (PDF)

Download Kumpulan Bacaan Dzikir Petang Hari Sesuai Sunnah (PDF)



Untuk memudahkan pembaca yang ingin mendownload bacaan dzikir harian yang sesuai sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam, berikut ini kami sajikan versi download Kumpulan Bacaan Dzikir Petang dalam format PDF.

Ini adalah bagian kedua versi download bacaan dzikir harian setelah sebelumnya secara terpisah disajikan versi download Kumpulan Bacaan Dzikir Pagi Sesuai Sunnah (PDF).

Selain memudahkan pembaca yang ingin mendownload bacaan dzikir harian, format PDF ini dimaksudkan juga terutama untuk menjaga susunan penulisan Arab agar tetap terpelihara dengan baik. Sebelumnya, sejumlah pembaca mengeluhkan susunan tulisan Arab yang rusak (berubah) saat dicopy-paste dari format web standar ke halaman Ms. Word.

Versi Download Kumpulan Bacaan Dzikir Petang Sesuai Sunnah ini seluruhnya memuat 19 bacaan dzikir yang shahih mengikuti tuntunan sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam.

Ini adalah format PDF dari dua tulisan sebelumnya, Kumpulan Dzikir Pagi dan Petang Sesuai Sunnah (4) dan Kumpulan Dzikir Pagi dan Petang Sesuai Sunnah (5).

Untuk mendownload selengkapnya bacaan dzikir pada petang hari silahkan klik link di bawah ini:


Adab dan Tata Cara Dzikir Petang


Kumpulan bacaan dzikir dalam bab ini memuat bacaan-bacaan dzikir yang disunnahkan untuk dibaca pada petang hari. Defenisi ”petang” sebagaimana telah diuraikan di dalam bab pengantar, adalah waktu yang terdapat di antara waktu ashar sehingga terbenamnya matahari.

Meski dijumpai terdapat perbedaan di kalangan mufassir berkenaan dengan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan waktu ”petang” hari, akan tetapi tulisan ini kiranya mencukupkan diri dengan mengikuti pemahaman Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah demikian.


Adapun menjawab soalan yang banyak ditanyakan mengenai apakah dalam mengamalkan bacaan-bacaan dzikir harian (pagi dan petang) wajib dibaca secara seluruhnya, ataukah boleh hanya membaca sebahagiannya?

Maka pendapat kami dalam soalan ini, berdasarkan pada dalil-dalil yang kami ketahui, adalah baik untuk mengamalkan atau membaca bacaan dzikir harian secara seluruhnya pada setiap waktu pagi dan petang.

Tapi juga tidak ada halangan bagi yang hanya mengamalkan sebagiannya, sesuai dengan kemampuan dan kesempatan yang ada.

Hanya saja, karena dzikir adalah ibadah, maka sudah barang tentu berdzikir yang banyak lebih utama dari pada berdzikir yang sedikit.



Adapun perkara susunan atau urutan dalam membaca bacaan dzikir yang juga banyak ditanyakan, kami tidak menemukan dalil dari Nabi yang mulia shallallaahu 'alaihi wasallam mengenai adanya urutan atau sistimatika tertentu dalam membaca bacaan dzikir harian.

Dibolehkan membaca bacaan dzikir dengan urutan yang dikehendaki.

Pemberian nomor dalam tulisan ini semata-mata hanya untuk keperluan penulisan, dan tidak dimaksudkan sebagai urutan atau sistimatika yang harus diikuti.
___________________


Thanks for reading Download Kumpulan Bacaan Dzikir Petang Hari Sesuai Sunnah (PDF)

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment