Home » , » Daftar Isi Kitab Shalat Tarawih: Tuntunan Penelusuran dan Pencarian Hadits Shahih Bukhari

Daftar Isi Kitab Shalat Tarawih: Tuntunan Penelusuran dan Pencarian Hadits Shahih Bukhari


Tulisan “Daftar Isi Kitab Shalat Tarawih: Tuntunan Penelusuran dan Pencarian Hadits Shahih Bukhari” ini adalah bagian dari upaya menghadirkan daftar isi kitab-kitab yang terdapat dalam Shahih Bukhari. Sebagai tuntunan untuk mempermudah melakukan penelusuran dan pencarian hadits-hadits bagi yang memerlukan.

“Kitab: Shalat Tarawih” adalah salah satu kitab yang dimuat dalam Shahih Bukhari. Isinya, menampilkan hadits-hadits seputar shalat Tarawih. Kitab ini termasuk kitab yang paling ringkas, hanya berisi 6 Bab dan 16 nomor hadits. Dimulai dari hadits nomor 1868 sampai dengan nomor 1884.

Pada versi download Shahih Bukhari (format PDF ukuran kecil) yang terdapat di dalam blog ini, Kitab: Shalat Tarawih berada pada fail Shahih Bukhari-2 (halaman 328-334).

Setiap bab berisi satu atau beberapa nomor hadits tentang satu sub-tema pembahasan seputar “Shalat Tarawih”, yakni shalat malam yang khusus diperintahkan di bulan Ramadhan.

Daftar isi ini diharapkan dapat melengkapi tulisan sebelumnya: Download Kitab Hadits Shahih Bukhari Teks Arab Terjemahan Indonesia (PDF). Dan dapat memudahkan setiap pembelajar dan kaum muslimin dalam melakukan pencarian hadits-hadits yang diperlukan.

Sistimatika daftar isi dibuat dengan susunan: Bab: Sub Thema (nomor “jilid”/nomor hadits/nomor halaman). Contoh: Bab: Mencari malam lailatul qadar di tujuh hari terakhir (II/no.1876-1877/hal.331). Artinya, hadits-hadits tentang mencari malam lailatul qadar di tujuh hari terakhir bulan ramadhan, dimuat dalam Shahih Bukhari-2, yakni hadits nomor 1876-1877, dimulai dari halaman 331.

Berikut ini daftar isi “Kitab: Shalat Tarawih” Shahih Bukhari selengkapnya:



  • Bab: Keutamaan orang yang menegakkan Ramadan (II/no.1869-1874/hal.328)
  • Bab: Keutamaan malam lailatur qadar (II/no.1875/hal.330)
  • Bab: Mencari malam lailatul qadar di tujuh hari terakhir (II/no.1876-1877/hal.331)
  • Bab: Mencari malam lailatul qadar pada hari ganjil di sepuluh hari terakhir (II/no.1878-1882/hal.332)
  • Bab: Waktu lailatul qadar dijadikan "Misteri" karena percekcokan sahabat (II/no.1883/hal.334)
  • Bab: Beramal di sepuluh hari terakhir (II/no.1884/hal.334)
____________________

Thanks for reading Daftar Isi Kitab Shalat Tarawih: Tuntunan Penelusuran dan Pencarian Hadits Shahih Bukhari

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment