Home » » Hadits tentang Bolehnya Bersedekah dengan Niat Pahalanya untuk Orangtua yang Sudah Meninggal

Hadits tentang Bolehnya Bersedekah dengan Niat Pahalanya untuk Orangtua yang Sudah Meninggal


Hadits berikut ini adalah tentang bolehnya bersedekah dengan niat pahalanya untuk orang tua yang sudah meninggal dunia.

Hadits-hadits ini sekaligus merupakan jawaban atas kegundahan sebagian orang yang merasa menyesal tidak sempat memberikan "sesuatu" kepada orang tua yang sudah keburu meninggal, seolah-olah pintu 
bhakti dan pemberian kepada orang yang sangat dicintai, sudah "tertutup" untuk selamanya.

Hadits-hadits ini dimuat dalam Shahih Bukhari dengan judul terpisah, “Bab: Seseorang yang mengatakan "Tanahku atau kebunku sedekah untuk Allah dan pahalanya untuk ibuku," serta “Bab: Sesuatu yang dianjurkan untuk seseorang yang meninggal dengan tiba-tiba agar mereka bersedekah untuknya atau melaksanakan nadzarnya.”


Telah bercerita kepada kami Muhammad bin Salam telah mengabarkan kepada kami Makhlad bin Yazid telah mengabarkan kepada kami Ibnu Juraij berkata telah bercerita kepadaku Ya'laa bahwa dia mendengar 'Ikrimah berkata; telah memberitakan kepada kami Ibnu 'Abbas radliallahu 'anhuma bahwa Sa'ad bin 'Ubadah radliallahu 'anhu ibunya meninggal dunia saat dia tidak ada disisinya. Kemudian dia berkata:

"Wahai Rasulullah, ibuku meninggal dunia saat aku tidak ada. Apakah akan bermanfaat baginya bila aku menshadaqahkan sesuatu?" Beliau bersabda: "Ya". Dia berkata: "Aku bersaksi kepada Tuan bahwa kebunku yang penuh dengan bebuahannya ini aku shadaqahkan atas (nama) nya". (Shahih Bukhari – Hadits Nomor 2551)



Telah bercerita kepada kami Isma'il berkata telah bercerita kepadaku Malik dari Hisyam bin 'Urwah dari bapaknya dari 'Aisyah radliallahu 'anha bahwa ada seorang laki-laki yang berkata kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam:

"Sesungguhnya ibuku telah meninggal dunia secara mendadak dan aku menduga seandainya dia sempat berbicara dia akan bershadaqah. Apakah aku boleh bershadaqah atas namanya?" Beliau menjawab: "Ya bershodaqolah atasnya".(Shahih Bukhari – Hadits Nomor 2554)
_____________________

Thanks for reading Hadits tentang Bolehnya Bersedekah dengan Niat Pahalanya untuk Orangtua yang Sudah Meninggal

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment