Home » » Hadits tentang Kebanyakan Penghuni Neraka adalah Wanita, Bukan karena Kufur kepada Allah tapi karena Kufur terhadap Suami

Hadits tentang Kebanyakan Penghuni Neraka adalah Wanita, Bukan karena Kufur kepada Allah tapi karena Kufur terhadap Suami




Hadits berikut ini adalah peringatan kepada para wanita yang gemar mengingkari pemberian suami, mengingkari kebaikan suami.

Yakni para wanita yang selalu merasa kurang. Yang selalu melihat sisi kekurangan suami, tapi melupakan kebaikan yang pernah diberikan oleh suami.

Hadits ini dimuat dalam kitab hadits Shahih Bukhari dengan Judul “Bab: Mengingkari pemberian dan istilah kekufuran di bawah kekufuran.”


Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah dari Malik dari Zaid bin Aslam dari 'Atho' bin Yasar dari Ibnu 'Abbas berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Aku diperlihatkan neraka, ternyata kebanyakan penghuninya adalah wanita. Karena mereka sering mengingkari". Ditanyakan: "Apakah mereka mengingkari Allah?" Beliau bersabda:

"Mereka mengingkari pemberian suami, mengingkari kebaikan. Seandainya kamu berbuat baik terhadap seseorang dari mereka sepanjang masa, lalu dia melihat satu saja kejelekan darimu maka dia akan berkata: 'aku belum pernah melihat kebaikan sedikitpun darimu". (Kitab Shahih Bukhari – Hadits nomor: 28)


Telah menceritakan kepada kami Sa'id bin Abu Maryam berkata, telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Ja'far berkata, telah mengabarkan kepadaku Zaid -- yaitu Ibnu Aslam -- dari 'Iyadl bin 'Abdullah dari Abu Sa'id Al Khudri ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pada hari raya 'Iedul Adlha atau Fitri keluar menuju tempat shalat, beliau melewati para wanita seraya bersabda: "Wahai para wanita! Hendaklah kalian bersedekahlah, sebab diperlihatkan kepadaku bahwa kalian adalah yang paling banyak menghuni neraka." Kami bertanya, "Apa sebabnya wahai Rasulullah?" beliau menjawab: "Kalian banyak melaknat dan banyak mengingkari pemberian suami. Dan aku tidak pernah melihat dari tulang laki-laki yang akalnya lebih cepat hilang dan lemah agamanya selain kalian." Kami bertanya lagi, "Wahai Rasulullah, apa tanda dari kurangnya akal dan lemahnya agama?" Beliau menjawab: "Bukankah persaksian seorang wanita setengah dari persaksian laki-laki?" Kami jawab, "Benar." Beliau berkata lagi: "Itulah kekurangan akalnya. Dan bukankah seorang wanita bila dia sedang haid dia tidak shalat dan puasa?" Kami jawab, "Benar." Beliau berkata: "Itulah kekurangan agamanya." (Kitab Shahih Bukhari – Hadits Nomor: 293)
_____________________

Thanks for reading Hadits tentang Kebanyakan Penghuni Neraka adalah Wanita, Bukan karena Kufur kepada Allah tapi karena Kufur terhadap Suami

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment